Minggu (12/08/2018) Persatuan Pelajar Indonesia di Tiongkok cabang Chongqing (PPIT Chongqing) berkolaborasi dengan PPIT Pusat dan JILC telah menggelar acara Workshop Pendidikan yang bertempat di Aula Pusat Bimbingan Belajar Jilc Cabang Perintis Makassar. Acara  yang  merupakan rangkaian dari kegiatan  Roadshow Education Expo PPI Tiongkok Chapter Makassar ini mengusung tema “ Ngobrol Bareng Pelajar Tiongkok – Strategi Menuju Generasi Muda Bertaraf Internasional” yang di mulai  pada pukul 13.00 WITA.

Rangkaian acara yang disusun menjadi 3 segmen ini diawali dengan opening ceremony yang dipimpin oleh MC yaitu Harma Puji Lestari dan Ferdy dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Ashabul Yamin serta menyanyikan lagu Indonesia Raya . Pada Segmen 1 sendiri diisi dengan sambutan dari Azhim Asshiddiq Suhardi Andi Ara selaku ketua panitia, Michael Christian Siagian selaku perwakilan PPIT Pusat dan Halil Arianto selaku Direktur JILC cabang  Perintis sekaligus membuka dengan resmi kegiatan workshop pendidikan dan beliau memberikan pesan agar kedepannya PPIT senantiasa konsisten membuat kegiatan yang bermanfaat seperti ini agar siswa pelajar SMP/SMA termotivasi mengejar impian dan masa depan yang mereka cita-citakan.

Pada segmen 2 masuklah acara dengan diisi oleh Pemateri yaitu Andi Astri Annisa (Alumni mahasiswa kedokteran Chongqing Medical University),  yang menceritakan pengalamannya ketika berkuliah kedokteran, bagaimana beliau bertahan di negeri panda, dan tips dan trik selama kuliah di Tiongkok. setelah itu Ahmad Ridwan Kadir (Mahasiswa S2 di Tianjin University of Science and Technology) selaku pemateri ke dua memberikan informasi terkait berbagai beasiswa yang dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan di Tiongkok , dan Bagas Deka Kurtianto, B.E. (Mahasiswa S2 Shanghai University of Finance and Economic dan Direktur Pusat Bisnis dan Kemitraan PPI Tiongkok) yang memberikan pemaparan  mengenai organisasi  Persatuan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT), bagaimana seluk beluk terbentuknya, struktur organisasinya, serta apa saja fungsi dari PPIT untuk mahasiswa di Tiongkok.

Pada segmen terakhir diisi dengan berbagai games interaktif dan pemberian doorprize kepada peserta, serta pemutaran video motivasi dari beberapa mahasiswa yang saat ini tengah berada dan berkuliah di Tiongkok diantaranya  Fadlan Muzakki (Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok Pertiode 2018-2020),Muhammad Abdul Rouf (Mahasiswa S2 Biomedical Engiinering di Chongqing University), dan Galant Al-Barok (Koordinator PPIT Region Selatan) dilanjutkan dengan pemberian pembelajaran kaligrafi mandarin oleh  Hikmawati selaku perwakilan dari pelajar Tiongkok. Antusiasme dan keceriaan peserta sejumlah 135 orang yang hadir dapat dilihat dari keceriaan acara dan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan pada saat sesi tanya jawab.

“Acara ini begitu luar biasa dan keren serta tidak kaku dalam artian semua instrumen yang hadir dan bekerja sama dalam kegiatan ini mampu menciptakan suasana kekeluargaan dan pemateri workshop ini sangat santai dan cerdas dalam membawakan materinya sehingga membuat peserta khususnya siswa SMA menjadi terhibur,antusias, dan tidak malu pada saat bertanya dan berpartisipasi dalam rangkaian acara ini. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut di tahun berikutnya karena masih banyak siswa SMA yang kurang tahu akan cara-cara jitu untuk kuliah ke luar negeri. Terima kasih PPIT Cabang Chongqing. ”, ujar Direktur JILC Cabang Perintis yakni Halil Arianto.

Berlangsungnya kegiatan ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi peserta siswa SMA yang masih pusing untuk menata masa depannya dan telah mendapatkan informasi terkait beasiswa menuju Tiongkok, persyaratan serta apa-apa saja yang perlu dipersiapkan untuk bisa berhasil mendapatkan beasiswa tersebut. Acara berakhir pada 17.00 WITA dan ditutup dengan penyerahan  plakat dan sertifikat sebagai ucapaan terima kasih dari pihak PPIT cabang Chongqing kepada pihak JILC dan narasumber yang hadir. Acara berjalan lancar dan menjadi awal cerita baru bagi para kontingen yang hadir pada kegiatan tersebut. Semoga kegiatan ini akan terus dilaksanakan pada waktu mendatang.

Penulis:  Azhim AsshiddiqSuhardi Andi Ara & Andi Irma Mutmainnahtul Adawiyah