Chongqing-Tiongkok. Hadir di Chongqing sebagai sarana menjembatani para pemilik hak suara, perwakilan PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) Beijing mengadakan sosialisasi pemilu yang akan dilangsungkan pada tanggal 14 April 2019 (Indonesia di tanggal 17 April 2019). Dalam kesempatan ini bapak Arif Caturiyanto dan mbak Minny Elisa Yanggah selaku perwakilan PPLN.

Kegiatan yang di adakan pada hari Sabtu, 4 Agustus 2018 berlokasi di Real Maker Café, Shiyoulu B馆 ini menjelaskan tentang proses dan tanggal penting dalam pesta besar demokrasi pertama dalam sejarah Indonesia yang akan menentukan bagaimana Indonesia 5 tahun ke depan. Mereka menjelaskan bahwa pemilu di tahun 2019 tidak hanya memilih presiden dan wakil presiden, melainkan juga memilih anggota DPR RI wilayah dapil II DKI Jakarta.

Metode pemilihan yang disosialisasikan tidak hanya seperti yang ada di Indonesia dengan mencoblos langsung di TPS (dilakukan di wilayah KBRI Beijing), di dalamnya meliputi metode kotak suara keliling (dilakukan di Wuhan dan Tianjin) dan metode pengiriman POS; seperti yang dilakukan di Chongqing.

 

 

 

 

Kesempatan kali ini dimanfaatkan perwakilan PPLN Beijing  untuk mengajak WNI di Chongqing yang belum terdaftar sebagai DPTLN (Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri) agar segera mendaftarkan dirinya sebelum tanggal 14 Agustus 2018 untuk ditetapkan sebagai DPTLN. Untuk di Chongqing sendiri data DPTLN yang terdaftar ada 80 orang, hal ini sangat disayangkan karena jumlah WNI di Chongqing mencapai lebih dari 200 orang. Diharapkan peserta yang hadir di sosialisasi ini dapat membantu mensosialisasikan untuk pendaftaran calon pemilih di Chongqing sehingga dapat ikut berpartisipasi di pesta demokrasi 2019 mendatang.

Bagi WNI yang sudah tiba di Chongqing tetapi data yang terdaftar masih sebagai DPT di Indonesia dapat membawa surat kepindahan yang dibawa dari Indonesia atau dapat menghubungi admin@pplnbeijing.org dan atau yang ingin mengajukan perubahan data dapat langsung mengunjungi website: www.pplnbeijing.org dan pilih Request perubahan data.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ayo daftarkan diri kalian sebelum tanggal 14 Agustus 2018

Klik link https://pplnbeijing.org/request-perubahan-data-peserta-ppln/

Pemilih Berdaulat Negara Kuat, jangan sia-siakan hak suara kalian dalam pesta demokrasi di 2019 mendatang. Satu suaramu dapat mempengaruhi Indonesia di lima tahun ke depan.

Salam Perhimpunan!!

Penulis : Gerry Y.

Editor: Wiwin Tami