Chongqing atau 重庆 dalam Hanzi secara harafiah “perayaan berulang” adalah sebuah kota utama di Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Secara administratif, merupakan satu dari empat kotamadya di bawah kontrol langsung pemerintah RRT (selain Beijing, Shanghai, dan Tianjin).

Pemerintahan Kotamadya Chongqing didirikan pada 14 Maret 1997, dahulu merupakan bekas sub-provinsi dari pemerintahan provinsi Sichuan. Pada 29 April 2011, Pemerintahan Kotamadya Chongqing memiliki populasi penduduk sebesar 28,846,170 jiwa. Chongqing merupakan pemerintahan berbentuk kotamadya yang dikontrol langsung terbesar di Tiongkok, terdiri dari 19 distrik, 15 kabupaten, dan 4 kabupaten otonomi khusus.

Singkatan resmi dari Chongqing adalah 渝 (Yú), singkatan ini diresmikan oleh pemerintahan RRT pada 18 April 1997.

Chongqing juga merupakan kota berbentuk administratif kotamadya pada masa pemerintahan Republik  Tiongkok (sekarang Taiwan), dan merupakan ibukota Republik Tiongkok pada masa Perang Tiongkok-Jepang Kedua (1937-1945). Singkatan nama Chongqing diambil dari bagian dari nama kuno Sungai Jialing yang melintas sepanjang Chongqing dan mengairi Sungai Yangtze.