Selasa, (14/08), Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok cabang Chongqing melakukan kegiatan bakti sosial “We Care for Others Project” yang diselenggarakan di  dua tempat yakni, Rumah Harapan dan Panti Asuhan Jabal Rahmah. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan PPIT Chongqing, dan pada tahun ini PPIT Congqing bekerjasama dengan organisasi keagamaan di Chongqing  seperti Himpunan Mahasiswa Muslim Indonesia (HMI), Indonesian Fire Group (IFG), Ikatan Pelajar Muslim Indonesia (IPMI) dan Organisasi Buddhist Manggala (OBM) untuk melakukan aksi Sosial di Indonesia  yang bertemakan “ Langkah Kecil Aksi Nyata “ dan dihadiri oleh 25 peserta (15 orang anggota PPIT Chongqing dan 10 volunteers) yang dimulai dari pukul 09  WITA hingga pukul 17  WITA. Acara ini juga dihadiri oleh Saudara Bagas Deka Kurtianto sebagai perwakilan PPI Tiongkok pusat yang datang dan membantu dalam acara bakti sosial ini. 

 Sekilas tentang Rumah Harapan : Rumah harapan adalah rumah singgah untuk anak-anak yang sakit dari keluarga tidak mampu yang berasal dari luar Makassar, yang dirujuk untuk berobat atau rawat jalan di rumah sakit di Makassar. Tepat pukul 09 WITA, peserta mengunjungi Rumah Harapan yang dimulai dengan doa pembuka yang dibawakan oleh Khaerunnisya, selaku anggota PPIT Chongqing divisi Sosial, serta perkenalan dari pihak peserta dan anak-anak Rumah Harapan. Selanjutnya, panitia mengajak adik-adik untuk menyanyi bersama sembari membagikan bingkisan berupa alat tulis, krayon, dan susu kepada adik-adik Rumah Harapan. Kemudian, acara dilanjutkan dengan kegiatan berhitung dalam bahasa inggris dan mandarin serta mewarnai bersama dan membagikan hadiah kepada 3 pemenang terbaik. Sebelum mengakhiri kegiatan di Rumah Harapan, panitia mengajak adik-adik untuk menuliskan cita-cita dan harapan pada selembar kertas yang kemudian ditempelkan pada pohon harapan yang telah disediakan. Di penghujung acara, acara ditutup dengan kata penutup yang dibawakan oleh Bpk. Saprilla selaku perwakilan Rumah Harapan, beliau menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi donator dan berharap ini bukan yang pertama dan terakhir kakak-kakak dari China berkunjung di Rumah Harapan, beliau di akhir ucapan terimakasihnya menyampaikan bahwa setiap hari pintu Rumah Harapan selalu terbuka buat kakak-kakak yang mau datang menjenguk adik-adik di Rumah Harapan, dan juga dari pihak PPIT CHongqing Tri Widya Rahayu Hastuti Syahra, selaku ketua acara bakti sosial kali ini  dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Dengan demikian, acara yang berlangsung di rumah harapan telah usai pada pukul 12 WITA .

Sekilas tentang panti asuhan Jabal Rahmah : Panti Asuhan Jabal Rahmah didirikan pada tahun 2003 sampai saat ini status tanah tempat mereka membangun panti asuhan masih berstatus kontrak sehingga membuat pemilik panti asuhan khawatir dengan kelangsungan hidup anak-anak mereka. Sampai saat ini, panti asuhan Jabal Rahma menampung 50 anak yatim piatu. Tepat pukul 15 WITA, acara bakti sosial kedua yang diadakan di Panti Asuhan Jabal Rahmah, dibuka dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ashabul Yamin, selaku anggota PPIT Chongqing divisi Olahraga dan Pengembangan Anggota. Tak lupa acara dilanjutkan dengan membagikan bingkisan berupa alat tulis yang kemudian digunakan dalam aktivitas belajar-mengajar, yaitu menghitung dan beberapa kosa kata dasar dalam bahasa inggris dan mandarin. Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia, panitia beserta para volunteers mengajak adik – adik turut berpartisipasi dalam lomba yang telah disediakan. Adapun lomba yang disediakan sebagai berikut : lomba makan kerupuk yang diikuti oleh anak SD panti asuhan, lomba membawa kelereng diatas sendok yang diikuti oleh anak SMP panti asuhan dan lomba menggerakkan bola dengan botol berisi air yang diikat pada pinggang peserta dan diikuti oleh anak SMA panti asuhan. Sama seperti kegiatan penutup pada acara bakti sosial di Rumah Harapan, adik-adik kemudian diajak untuk menuliskan semua harapan dan cita-cita yang kemudian ditempel pada pohon harapan yang telah disediakan oleh pihak panitia. Selanjutnya, acara ditutup dengan penyampaian pesan dan kesan oleh Stephanie Angwen, selaku anggota PPIT Chongqing, beserta kata penutup yang dibawakan oleh salah satu perwakilan Panti Asuhan Jabal Rahmah, sekilas kutipan kata penutup yang disampaikan oleh ibu perwakilan panti asuhan, “Assalammualaikum kakak-kakak dan adik-adik yang terkasih. Terima kasih kepada kakak-kakak dan pihak donatur lain yang terlibat, semoga sehat selalu. Ibu beserta perwakilan panti asuhan lainnya bersyukur karena tanpa disadari kegiatan-kegiatan kecil yang diselenggarakan baik itu permainan, belajar-mengajar sangatlah bermanfaat bagi adik-adik semua. Saya melihat anak-anak bahagia bertemu orang-orang baru, sehingga saya berharap kita dapat bertemu di lain kesempatan lagi. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.” Sebelum berpisah, panitia beserta para volunteers juga membagikan makanan kepada adik-adik yang disertai dengan foto bersama. Tepat pukul 17.00 WITA, acara bakti sosial “We Care for Others Project” telah resmi ditutup.

Salam Perhimpunan !!!

Penulis: Tri Widya Rahayu H.S.