Chengdu, Tiongkok.

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) cabang Chongqing bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) ranting Chengdu dan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Tiongkok berhasil menyelenggarakan pagelaran budaya yang diselenggarakan di gedung auditorium Xihua University, Chengdu, pada tanggal 2 Desember 2018.

Tema yang diangkat adalah“Historic Voyage to Indonesia”. Pagelaran ini bisa dibilang unik, berbeda dengan pagelaran budaya sebelumnya dan pagelaran budaya yang serupa di daerah lain, PPIT cabang Chongqing dan ranting Chengdu, dan GenWI Tiongkok mempromosikan destinasi Indonesia dengan konsep yang berbeda. Seluruh penampilan tarian dibalut dengan alur cerita drama yang menceritakan tentang keharmonisan hubungan masyarakat Tiongkok dan juga Indonesia. Selain itu, alur cerita drama yang berlatar tempat berbeda-beda memberikan kita keuntungan dengan memamerkan video-video Wonderful Indonesia sebagai transisi latar tempat. Pagelaran ini dibuka dengan menampilkan tari kecak dari Bali, kemudian dilanjutkan dengan fashion show dengan menampilkan 11 baju adat tradisional Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan drama teatrikal yang didalam ceritanya juga menampilkan 4 tarian dari Indonesia diantaranya, tari saman dari Aceh, tari nandak dari Jakarta, tari 4 etnis dari Sulawesi Selatan, dan tari perang dari Papua Barat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Dikisahkan sepasang peneliti terkenal Tiongkok yang telah melakukan penelitian. Yang dipilih adalah tentang berbagai keragaman di seluruh penjuru dunia. Pasangan peneliti ini dikaruniai seorang putra bernama Wang Wenhua. Wang Wenhua tumbuh menjadi seorang peneliti muda yang menunjukkan ketertarikannya pada kebudayaan. Suatu hari kedua orang tua Wenhua meninggal akibat kecelakaan pesawat. Wenhua yang masih muda, menemukan jurnal perjalanan orang tuanya yang menceritakan tentang keindahan, keberagaman, dan keramahan masyarakat Indonesia. Didorong oleh rasa ingin tahu yang mendalam, Wenhua memulai perjalanannya keseluruh nusantara.

Pagelarannya berlangsung dengan spektakuler. Pagelaran ini juga mendapatkan sambutan hangat dari pihak Universitas dan seluruh pengunjnung yang mayoritas adalah warga negara Tiongkok. Tercatat lebih dari 382 pengunjung Tiongkok dan mancanegara yang hadir menyaksikan pagelaran budaya ini. Pagelaran budaya kali ini juga terasa lebih spesial dengan hadirnya perwakilan dari Kementrian Pariwisata, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing serta segenap pengurus GenWI Tiongkok, PPIT Chongqing, dan PPIT Chengdu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: Ibnu S.C.